Kamis, 20 Juni 2019

Tips Mengelola Uang Thr Semoga Tidak Sia-Sia

Tidak usang lagi uang THR akan dibagikan. Saat-saat yang dinantikan oleh kebanyakan karyawan sebagai komplemen penghasilan di hari raya Lebaran. Tujuan utama dari donasi uang THR yaitu tentunya untuk konsumsi, jadi sah-sah saja jikalau uang THR ini dibelanjakan. Namun, jikalau ternyata uang THR kita lebih dari cukup tentunya sayang jikalau hanya dipakai untuk konsumsi semata. Bagaimana cara mengalokasikannya semoga uang THR tidak terbuang sia-sia?

Pengeluaran Rutin Hari Raya

Lihat teladan pengeluaran hari raya anda di tahun-tahun sebelumnya. Pengeluaran apa saja yang terjadi? Apakah anda berencana untuk pulang kampung Lebaran? Berapa biaya yang umumnya dikeluarkan? Uang THR sanggup dipakai untuk menutupi pengeluaran-pengeluaran ini menyerupai contohnya membeli baju gres untuk keluarga, menunjukkan THR bagi tangan kanan rumah tangga dan uang saku untuk pulang kampung dan sebagainya.

Amal

Zakat fitrah yaitu salah satu kewajiban yang harus dikeluarkan di ketika Lebaran. Uang THR sanggup dipakai untuk memenuhi kewajiban ini. Dana untuk angpao di ketika Idulfitri juga sanggup diambil dari uang THR ini. Satu lagi yang perlu diingat mungkin yaitu sebagian uang THR juga sanggup disisihkan untuk menghadapi hari raya berikutnya yaitu hari raya Kurban yang datangnya tidak berjauhan dari hari raya Lebaran.

Mengurangi Hutang

Masih ada surplus? Bagaimana jikalau sebagian dana THR dipakai untuk mengurangi kewajiban kartu kredit yang tersisa. Dengan mengurangi saldo kartu kredit anda mempercepat pelunasan kartu kredit anda dan mengurangi kewajiban yang membebani arus kas rumah tangga di masa yang akan datang.

Tabungan dan Investasi

Menggunakan uang THR untuk menambah tabungan dan investasi masa depan juga boleh. Jika selama ini anda membutuhkan komplemen pendapatan untuk menambah tabungan atau investasi pendidikan anak anda, sisihkan sebagian uang THR untuk memenuhi hal ini. Apalagi jikalau akhir-akhir ini uang THR juga diterima ketika mendekati tahun pedoman baru.

Alokasikan uang dengan seksama, skala prioritas pengeluaran tetap harus dijaga. Jangan gegabah dalam pengeluaran hari raya apalagi jikalau harus merogoh kocek lebih dalam dengan berhutang. Sesuaikan kemampuan semoga hari raya tidak diikuti dengan kewajiban-kewajiban konsumsi di bulan-bulan yang akan datang.

Be smart with your money! (BR)

Related article : 50 Cara Menghemat Pengeluaran


Sumber http://www.terapikeuangan.com
Sumber https://oketemplatenews.blogspot.com